Rabu, 02 Februari 2011

Malaikat Kecil itu datang



Kisah ini berawal dari…..alah bahasa apa.
 Rabu siang 05 Januari 2011. Ab balik kantor sekitar jam 12. Aku minta ke ab buat makan diluar. Muter2 qta nyari tempat makan yg enak, ab nanya aku maunya makan dimana?hehehe…nyengir sambil bilang kalo aku lagi pengen banget minum wedang jahe. Akhirnya qta putuskan makan siang di  de’ Nonie Resto & Gallery. Tempatya tuh cozy banget buat makan dan santai. Ada sofa, ada tempat bermain buat anak pula.

Yup, aku pesen wedang jahe mbak, nyidam niiii….mbak yg ngelayanin ketawa2. Aku juga pesen sapi cah brokoli buat makan, gak tau ni waktu hamil Quinnsa pengennya makan sayur ama makanan berkuah gt. Kalo ab pesen makan steak blackpaper beef, ama minumnya apa ya bi?lupa.hehehe…ngobrol ngalor-ngidul. Waktu itu belom ngerasain satupun tanda2mo partus. Menurut hasil browsing di internet, tanda2 vital kalo mo partus tuh keluar flek, pecah ketuban, ama mules yg menetap. Nah belum ada tuh yg kayak gituan, jadi seharian itu aku nyantai aja. Lagian juga HPL nya kan tanggal 15 Januari.
Jam 15.00 qta balik karna bentar lagi ab harus praktek. Bungkusin makan buat mimi (mertua), ama bungkusin wedang jahe yg belum abis, tapi masih pengen diminum.  Di jalan juga biasa aja. Nyampe rumah shalat, nonton tv. Sempet nongkrong di apotek, iseng.
Maghrib –isya lewat, masih biasa. Tidur lebih cepet, jam 9 malem udah masuk kamer.
Jam 01.00 dini hari batuk menyerang, karna emang waktu itu aku lagi batuk2 terus. Eeehhh….pas lg batuk yg keberapa gt, kok kyk pengen pipis. Ke kamar mandi buat pipis, pipis udah kelar, tapi kenapa airnya masih ngucurrrr?????haaaahhhh????asli kaget, apaan ini?masa ngompol?langsung aja bangunin ab, ab bangunnya pake kaget gragapan. “kenapa Nda?” kata ab. Aku laporin kalo tadi abis pipis ada air yg keluar. Jawabnya ab apa??? Gak papa Nda itu wajar,udah tidur aja lagi. Apaaaa????wajar???haloooo… Tapi walopun khawatir, aku nurut aja tidur lagi, berharap semuanya baik.

Jam 01.30 balik tidur lagi, tapi kebangun . aku bocor!!! Bangunin ab lagi, kali ini ab sigap, ya udah Nda qta kerumah sakit aja.langsung pake baju yang tadi siang dipake. Ngumpulin tas yang udah diisi perlengkapan partus (berkat ab yg terus2an cerewet buat nyiapin perlengkapan lahiran jauh2 hari,kayaknya perlengkapannya udah siap dari sebulan kmaren, :D). celingak-celinguk barangkali ada yg harus dibawa lagi, ambil mukena barangkali subuh masih kebagian sholat, qur’an buat penguat batin, aduuuuh bocor lagiiiiii….lari ke kamar mandi biar gak bocor di lantai, pakein pembalut ajalah biar gak bocor kemana-mana. Aku sibuk, ab juga lagi bolak-balik nyiapin semuanya, sempet qta senyam-senyum tapi tegang, maklumlah first time….
Ab ngeluarin mobil, aku ngecek lagi semua isi tas. Total ada 6 tas, 3 tasku, 1tas si calon baby, 1 tas baju-baju ab, yg satu tas isinya kamera ama handycam. masuk mobil, ab ngingetin berdoa Nda, baca2an apa aja. Bismillah……. Qta berangkat berdua aja.
Jam 02.00 nyampe RSIA Sumber Kasih, sepi cuman ada satpam, suster yg tugas jaga ama beberapa keluarga pasien. Qta masuk, ab bilang ke suster jaga, aku mo partus, sebenernya gak ngerti juga apa mo ngelahirin beneran, tapi salah satu tanda kyk yg aku tulis di atas kan ada tuh, pecah ketuban.
“ibu mau pake kursi roda??” aku nyengir, gak usah pak masih kuat kok. Kelar daftar, ama suster dianter ke ruang VK. Ada bidan jaga, yang ternyata sepupunya temen abi. Di kasih baju ganti ama wadah buat pemeriksaan urine, huaduuuhhh pengennya pipis mulu, ke kamar mandi pipis sekalian ganti kostum. pipisnya udah campur ama air ketuban, jadinya keruh plus darah juga.
Naik ke ranjang, bidannya dateng, periksa dalem ya, liat udah pembukaan berapa. Deg….deg….ini nih proses yg diceritain teteh2 ipar, yg katanya bakalan nyeri. Tahan nafas…..pembukaan dua kata bidan.ooooooooo……. mba, ngerembesss kataku, takut ntar tenpat tidurnya banjir….gak papa mba, wajar, di sini ajah gak usah ke kamar mandi gak papa kata bidan. Bidan keluar ruangan, aku nyengir ke ab, oooo gini tho. Foto bi!!!! Hehehehe….aku langsung foto2.


Jam2.30 pindah keruang VK sebelah, mba bidannya ngomong qta tunggu sampe jam8, kalo belum keluar ntar induksi. Ab ngomong, cepet mules y Nda, kalo di induksi tuh ntar di gini…..bla…bla…bla….ab nerangin, trus sakitnya dua kali lipat dari biasanya. Ya Allah…lancarkan semuanya.
Belum kerasa mules, aku ambil qur’an ngaji buat nenangin batin trus minta perlindungan Allah. Ab duduk di kursi samping ranjang, sambil update status FB!!!!!. Hadeuuuuhhh….sayang masa BB aku abis, :D.

Jam03.15 yaaaaaaa………abi, mulesnya dateng,….ab liat jam. Gak papa Nda, biar gak kerasa sakit, ngaji aja lagi. Aku ngaji lagi buat mengalihkan perhatian sakit. Mo telfon keluarga gak???tanya ab. iyadooong… eh tapi, ama ab aja panic sakitnya kyk gini,apalagi ada mi bapak ntar malah aku gak konsen lagi. Akhirnya qta putusin ngabarin keluarga kalo udah lahir ntar.

03.30. mules lagi….sakiiiiiiitttt…. “pegang tangan ab Nda” anb nyodorin tangan.tiap 15menit mulesnya dateng, seterusnya mules tambah sering, 10menit sekali….pengen pipiiiiiiis…. Ab bantuin aku turun, ke kamar mandi samping ranjang, bidan ngasih kursi biar lebih gampang. Di kamar mandi mulesnya dateng, Allah…..aku langsung jongkok sambil meringis, tangan kiri pegangan kursi kenceng, tangan kanan megang keran semprotan, pake diguyur gitu jadi rada enakan (kayaknya gini kalo partus pake metode water birth, sakitnya gak begitu menyayat).
Balik ke tempat tidur di papah ab ama bidan. Periksa dalem lagi, wah pembukannya loncat, udah langsung 5-6. Seterusnya mulesnya tambah menjadi. Allah….Allah….Allahuakbar…ngeremes tangan ab ampe kuenceeeeeeeeng, ampe ab juga kesakitan, kaloo mulesnya ilang aku nyengir, sambil minta maaf ke ab. gitu terus.
Dokter Yasmin belum dateng, mulesnya udah 5 menit sekali. Kata ab kalo gini terus,bayinya bisa cepet keluar Nda, Nda yg kuat ya, istrinya ab kan wanita tangguh, pasti Nda bisa, yg kuat ya sayang…. Aku nangis…..
Mules dateng, Allah….Allah…. sempet ngomong ke ab ama bidan yg ikut mijitin pinggang, ‘udahan ajaaaaaa……boleh gak…. Bidan ngomong, kuat ya mba, ab ikut ngomong “Nda yang kuat ya, ada ab di sini….

04.30 adzan subuh, ab pamit mo shalat. Tinggal mules2an ama bidan. yeeeeyyy, remes baju mba’nya huff….huffff….dipijiten terus ama bidan.

05.00 masuk bukaan 7-8. Mules makin menjadi, Allahuakbar!!!!!!!ab ngingetin teriaknya jangan kenceng2, :D. ngeremes tangan ab, tanpa kelingking (kelingkinga lagi cedera). Ab becandain, untung masih inget mana jari yg lagi sakit, hehehe….ab terus2an mencoba mengalihkan sakitku. Tapi kebanyakn aku cuekin, karna bener2 sakit mulesnya dahsyat, mau nyerah ajaaaa…..inget si calon baby yg gak sabar pengen nongol, kuatkan aku y Allah…. Gini ya, mi dulu waktu ngelahirin aku , pikiran sekilas, mi…..sayang deh ama mi….
Diingetin terus gak boleh ngeden dulu, huaduh bagaimana ini??? Gak kuat nahan pengen ngeden….udah ada 3 bidan di ruangan. Ngedennya tunggu dr.Yasmin dateng katanya. Huaaahhh….mulesnya udah tiap menit, udah gak nyadar apa2, ab dimana, siapa aja dalam ruangan, aku terlalu konsen ama sakitnya mules.

Jam 05.30 dr. Yasmin dateng  langsung nanya, bagaimana ly? Aku nyengir sambil jawab, yah begini lah dok. Pas banget dr.yasmin dateng udah masuk pembukaan 10. Kakinya taruh di pinggang saya aja, kata dr.yasmin. ab nimbrung komentar, iya ayo Nda, jarang2 ada yang bisa nendang dr.yasmin. aku gak sempet nyengir, trus mereka sempet becandaan, tapi gak tau apa. Pokoknya gak peduli sekitar, naaaaaakkkk…..bantu bunda yaaaaaa…..
 Iya, sekarang boleh ngeden, Di kasih aba2 ama dr dan bidan 1…2…3…tarik nafas…dorooooong!!!!! Bismillah…..hhhhhhuuuffftttt……..
ibu, ngedennya gak boleh sambil merem, ntar pembuluh darah di mata bisa pecah, bidan langsung ngasih tau. Ada bidan yg ngelus2 perut, dorong supaya bayinya gampang keluar. Lagi genting gitu di ajarin cara ngeden ama si bidan, untung otak cepet respon. 1…2…3… dorong!!!.....ALLAHUAKBAR!!!!!

Jam 06.02 Rabbiiiiii….itu suara tangisnya….serak tapi merdu.  cewek ato cowok dok? Dr. Yasmin ama ab serempak jawab, cewek…. Padahal dr umur kandungan 5bln, udah di kasih tau bayinya cewek, tapi tetep aja nanya. Gimana dok? Semua lengkapkan?cemas aku nanya lagi. Semua lengkap, cantik kata dokter….Alhamdulillah…..Abis baby keluar, ada lg yg nyusul, itu ari-ari si temen baby di perut. Tambah lega…..
 
bb: 3,4 kg pb: 48cm
nen, pemancing kolostrum :D



























Ab ngingetin ke bidan ama dokter, buat IMD. Baby langsung di taruh di atas dadaku. Subhanallah….dia….bayiku????kayak mimpi…aku langsung megang tangannya, ngelus2 punggung dan kepalanya, bener nyata lho….hiks…aku sampe gak bisa nangis lagi…
Baby langsung cari2 putingku, kakinya nendang2 perut.katanya sih proses IMD ini membantu ibu untuk mengeluarkan sisa darah yang di dalem. Aku ama ab asyiq banget megang2 bayi. Dr. yasmin ngomong kalo mo ngejahit, di suntik dulu. Untung ada baby di dekapanku, jadi gak terlalu takut. Waktu jahitan udah mo kelar, suruh “geget”  ama dr, biar bisa nahan sakit. Geget tuh kayak orang gemes gitu.
Semua kelar, dokter ngasih selamat ke qta ber3 (iihhiiirrrr….udah sepaket lengkap sekarang mah).  Selamat ya ely, nas, sekarang udah jadi orang tua. Basa-basi bentar, dokter pamitan.  
Baby masih nyari2 sumber makanannya, sejam baru ketemu, aku ampe gemes liat kepalanya toleh kanan-kiri sambil mulutnya buka-tutup nyari putingku. Sekali lagi…..dia lucuuuuuuu…… nen kurang lebih 15menitan, si susternya gak sabar aja pengen bersihin, tapi aku keukeuh pengen terus dekap dia.
Di luar udah ada keluarga dari ab, mimi teh Suki (teteh ipar) ama suami dan anak2.  Keluargaku masih otw ke rumah sakit. Kelar IMD, bayi di bersihin.saya juga di bersihin ama suster. Ab ikut ke tempat baby di bersihin, baru nyadar kalo dari awal mules ab terus2an megang handycam.
Jam 08.00 Semuanya siap, aku beres, si baby juga beres dibersihin. Qta pindah ke ruang inap. Masuk, sekilas baca tulisan di pintu, nama ruangnya “Valencia” wah buat nama babygirl cocok ni…
Gak berapa lama keluargaku dateng, mi, bapak, angleha, ms abil ama raffi. Semuanya pada hepiiii….Sempet dimarahin ama mi, kenapa gak ngabari dulu sebelum lahiran, daaaaan….akupun nyengir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar